Sejarah

Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas merupakan hasil pengembangan jurusan yang telah ada di Fakultas Teknik Universitas. Usulan pendirian Jurusan Teknik Elektro di Fakultas Teknik Universitas sudah dimulai sejak tahun 1991, namun baru disetujui untuk menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1994/1995. pada awal berdirinya, program studi Teknik Elektro menjadi salah satu program studi yang ada di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas. Sejak penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2000/2001, Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas menjadi program studi yang berdiri sendiri dan dapat langsung menerima calon mahasiswa sendiri baik dari jalur Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) maupun jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK). Hal ini dikuatkan oleh surat keputusan Dirjen Dikti No. 85/Dikti/Kep/1999.

Pada pertengahan tahun 2000, aktifitas akademik Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas pindah dari kampus Air Tawar ke kampus baru Universitas Andalas di LImau Manis, yang dibangun dari proyek EEDP. Kampus baru ini juga dilengkapi dengan peralatan laboratorium, teaching aids dan buku perpustakaan. Disamping itu, sejumlah peralatan praktikum dan penelitian bantuan HEDS-JICA juga melengkapi Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas. Pada tahun 2002, Laboratorium Sentral Telepon Otomat (STO) , yang merupakan hibah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk diresmikan oleh Gubernur Propinsi Sumatera Barat

Kurikulum pertama yang digunakan oleh Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas adalah kurikulum tahun 1994. Kurikulum ini berbasis bidang studi teknik tenga listrik namun juga diperkuat dengan beberapa mata kuliah dalam bidang studi teknik kendali dan elektronika. Pada tahun 2002 dilakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Pada kurikulum tahun 2002 ini, Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas dikembangkan menjadi 2 bidang studi yaitu Teknik Tenaga Listrik (TTL) dan Eletronika dan Telekomunikasi (ELKOM).

Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas untuk pertama kali menghasilkan lulusan pada tahun akademik 1999/2000. Sampai tahun akademik 2004/2005, total lulusan mencapai 177 orang. Alumni Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas bekerja dalam berbagai instansi seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pemerintah Daerah (PEMDA), Bank Negeri dan Swasta, Dosen PTN dan PTS serta perusahaan swasta nasional maupun asing.