"Ramadhan untuk Pasaman"

Depan>Berita>"Ramadhan untuk Pasaman"
Pengabdian Teknik Elektro Universitas Andalas
Dalam Rangka Dies Fakultas Teknik Unand ke-37
 
 
Jumat, 13 April 2022, tim pengabdian Jurusan Teknik Elektro Unand berkolaborasi dengan Miracles Inboundid dan Beyondrun mengunjungi posko pengungsian Timbo Abu, Pasaman, dalam rangka berbuka bersama. Kungjungan ini rangkaian dari kegiatan sebelumnya, dimana tim pengabdian JTE Unand telah menginstal 3 solar panel dan instalasi kelistrikan area pengungsian.
Saat ini warga masih tinggal di tenda karena rumah mereka tidak dapat lagi digunakan. Sepertinya mereka akan lama untuk dapat kembali ke rumah, karena terkendala berbagai hal terutama biaya. Walaupun begitu dengan situasi yang berat, warga terlihat kompak dan bergotong royong di area pengungsian. Pada siang hari mereka pergi ke sawah dan ladang dan pulang kembali di sore harinya. Berdasarkan laporan warga, maka kebutuhan mereka saat ini adalah:
1. Melaksanakan lomba MTQ di tenda pengungsian supaya anak-anak tidak kehilangan momen ramadhan yang selama ini selalu mereka laksanakan.
2. Melihat anak-anak mereka juga merasakan momen lebaran seperti halnya anak-anak lain. Bahagia dengan baju dan kue ramadhannya.
3. Edukasi dan sistem terkait pengelolaan sampah.