Tim Dosen Elektro Unand Lakukan Studi Jaringan PLTM Sumpur

Depan>Berita>Tim Dosen Elektro Unand Lakukan Studi Jaringan PLTM Sumpur

WhatsApp Image 2023-01-28 at 6.45.18 PM.jpeg (262 KB)

Dalam rangka upaya mendukung program pemerintah dalam peningkatan bauran energi terbarukan nasional, tim dosen Departemen Teknik Elektro (DTE) Universitas Andalas yang terdiri dari Muhammad Nasir, Ph.D (Team Leader); Dr. Adrianti; Zaini, PhD; Andi Pawawoi, MT dan Pinto Anugrah, M.Eng; melakukan studi jaringan untuk perencanaan pembangunan PLTM Sumpur dengan kapasitas total 7,6 MW yang berlokasi di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Studi jaringan ini dilaksanakan untuk mempelajari aliran daya dan dampak masuknya PLTM tersebut ke grid 20 kV Pasaman. 

Sebagai tindak lanjut, pada Rabu, 11 Januari 2023 yang lalu tim dosen DTE Unand melakukan kunjungan lapangan ke Kab Pasaman untuk melihat kondisi lapangan lokasi PLTM tersebut, mengecek kondisi jaringan 20 kV eksisting sekitar lokasi PLTM, dan menyempatkan juga berkunjung ke kantor Wali Nagari Sundata Selatan, yang merupakan lokasi rencana pembangunan bendung PLTM.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi penstock dan power house PLTM tersebut, dan peninjauan sisi suplai penyulang dekat lokasi Gardu Induk Pasaman. Studi jaringan ini sebagai bagian dari kerjasama antara PT. Nawakara Energi Sumpur dengan Pusat Studi Energi (PSE) Unand yang dilaksanakan oleh tim pelaksana sebagaimana tersebut di atas. (PA/MN)