Workshop PKM 2021 Jurusan Teknik Elektro: Tips Penyusunan Proposal PKM dan Sharing Session PIMNAS

Depan>Berita>Workshop PKM 2021 Jurusan Teknik Elektro: Tips Penyusunan Proposal PKM dan Sharing Session PIMNAS

Himpunan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas pada Jumat (18/06) telah mengadakan Workshop PKM tahun 2021. Workshop PKM ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Jumlah peserta yang hadir adalah 45 peserta yang terdiri dari mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan PKM kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Angkatan 2018-2020. Selain itu, juga bertujuan untuk berbagi tips dalam penyusunan proposal PKM.

Acara dibuka oleh moderator dan dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan sekaligus sharing pengalaman oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas, Bapak Dr.Eng. Muhammad Ilhmadi Rusydi, S.T, M.T. Selanjutnya, penjelasan materi disajikan oleh pemateri, yaitu Muhammad Fikri. Beliau merupakan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas angkatan 2016 dan telah berpengalaman mengikuti PIMNAS sebanyak dua kali. Dimana salah satu diantaranya berhasil memperoleh Medali Emas untuk Kategori Presentasi.

Materi dibuka dengan kutipan luar biasa dari Anies Baswedan

Anak muda memang minim pengalaman, maka ia tak menawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan.

Pemateri kemudian menyampaikan bahwa dalam penyusunan proposal, penting untuk membaca pedoman penulisan proposal PKM. Selain itu, pemateri juga memberi tips dan trik untuk menemukan permasalahan yang sekiranya dapat diangkat menjadi judul PKM. Tidak lupa pemateri menekankan dalam mengikuti PKM harus memiliki niat yang tulus dengan tujuan untuk membantu orang lain.

Selain memberikan kiat dalam penyusunan proposal, pemateri juga berbagi pengalaman selama dua kali mengikuti PKM. Hal ini sekiranya dapat memberikan gambaran terkait keuntungan dan pengembangan diri apa saja yang bisa diperoleh oleh mahasiswa dengan mengikuti PKM. Workshop kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. Workshop PKM ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan sesi foto bersama pada pukul 15.24 WIB.