Capaian Pembelajaran pada Kurikulum 2016
Prodi Sarjana Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas
Kelompok | Capaian Pembelajaran |
SIKAP (S) |
|
PENGETAHUAN (P) |
|
KETERAMPILAN UMUM (KU) |
|
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) |
|
Program Studi Sarjana Teknik Elektro Unand telah juga menyesuaikan capaian pembelajaran IABEE terhadap kebutuhan sendiri. Oleh karena itu terdapat 11 kriteria capaian pembelajaran berdasarkan IABEE yang sebagai berikut :
- Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.
- Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
- Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
- Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
- Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
- Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
- Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada.
- Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
- Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
- Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.
- Dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan.